Halaman

Sabtu, 29 Desember 2012

Hey.. Hp mu berbahaya di sini..

hp berbahaya? how can? yap, telepon genggam yang akrab disebut hp ini rupanya menyimpan sebuah bahaya yang mengintai sewaktu-waktu. misalnya bisa bikin benjol 2,5 cm dalam dua menit bila dipukulkan ke kepala anda. atau lebih dari itu, bisa bikin sekujur tubuh babak belur bila dipukulkan ke kepala orang di sebelah anda. soalnya ternyata orang itu tadi preman dan setelah anda pukul pake hp, dia langsung memanggil bala tentaranya untuk menyerang anda..hehehe.. just kid..

tenang2.. bukan itu maksud saya, ada hal yang lebih ilmiah dan elegan yang bisa menjelaskan kenapa hp berbahaya. dimana bahayanya? di SPBU. ndak tau SPBU? pom bensin. tau kan?
nah itu. ternyata gambar di pom bensin yg sering kali kita abaikan itu, mengandung arti (ya iyalah).
gambar yg mana? oh lupa ya.. ketauan jarang memperhatikan..hehe
yang ini..
kecil ya? ya dapetnya itu.. bsk bisa lah ya langsung k SPBU dan dilihat langsung.. :D
oke.. sekarang.. why? kok bisa bahaya? 
begini-begini.. 
tenyata..


Handphone (HP) adalah alat elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi, dan yang namanya alat elektronik itu pasti mengeluarkan bunga api (sekecil apapun bunga apinya…). Analogi dari bunga api dapat kita coba ketika korek api digesekkan ke pinggir bungkus-nya (yang warna coklat…), sehingga menimbulkan api. Untuk HP sendiri, percikan bunga api sangat kecil (1 mikron = 1/100 mm).
Bunga api terjadi di kumparan di antena HP (pokoknya bagian HP yang paling atas…) dan pijaran LED (Light Emitting Diode, lampu yang sangat kecil ). 

LED yang dijual sebenarnya memiliki bungkusan filament yang menutupi pijaran filament LED. Tetapi, yang di LED yang digunakan pada HP tidak terbungkus bungkusan filament alias telanjang…!! (Bungkusan filament = seperti kaca pada lampu rumah biasa).

Sebenarnya, percikan bunga api sebesar 1 mikron tidak cukup kuat untuk menyulut bensin di udara terbuka (Bensin = C4H8..alkana…, benerin yah kalo ane lupa, hehe). Namun, cukup kuat untuk menyambar udara SPBU yang sangat jenuh, atau udara SPBU sudah terlalu banyak dengan uap bensin.



Nah, untuk membuktikan hal di atas dan mengupas tentang alasan dari dilarang menggunakan hanphone (HP) di areal SPBU/Pom bensin, marilah
kita coba bereksperimen untuk membuktikan tentang bahanya menggunakan HP di Pom bensin.

Sediakan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan, yaitu :
1. Panci datar atau teflon..
2. Tiga lembar kartu/kertas, misal kartu manila. Tapi jangan pakai kartu kredit atau kartu ATM, maupun sim card (kan sayang , hehehe)
3. 1 lembara aluminium foil atau kertas berlapis timah.
4. yang pasti sediain Handphone gan ..
5. yang terakhir adalah Bensin. bisa beli ataupun ambil dari tangki motor agan.

Kalau semua bahan sudah siap, mari kita mulai percobaannya!


Susun bahan percobaan seperti ini

Letakkan aluminium foil di atas kartu/kertas



Siramkan minyak di sekitar kartu dan kemudian gunakan HP Anda buat telpon seseorang

Bensin pun terbakar dengan hebat
 


berminat liat videonya? klik saja..


sumber  : farhan-bjm.web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar